Sabar Sedang Mencari...
Senin, 15 Oktober 2012

8 Tips Memaksimalkan Memori Internal dan Baterai Blackberry

baterai

Manajemen aplikasi yang baik

Multitasking - Coba tutup semua aplikasi di background yang sudah tidak digunakan lagi. Caranya, tekan dan tahan tombol menu (atau tahan tombol alt, kemudian tekan tombol back) sehingga muncul apikasi yang masih berjalan. Masuk ke aplikasi atau game yang tidak digunakan lagi, kemudian pilih tutup/keluar.

Menutup dengan benar - Jika anda keluar dari aplikasi/game dengan menekan tombol merah, itu hanya membuat aplikasi ter-minimize ke background. Pastikan anda memilih pada menu di aplikasi/game dan memilih exit/tutup aplikasi.

Tutup tab browser - Tab browser ada di Blackberry dengan OS6 ke atas ataupun aplikasi pihak ketiga. Jika anda membuka banyak tab, tutuplah tab yang sudah tidak digunakan.

Konfigurasi IM dan Aplikasi jejaring sosial - aplikasi ini secara default akan merefresh atau mendownload data pada interval waktu tertentu. Anda bisa mengatur interval waktunya ke waktunya dari 5menit hingga 1jam untuk twitter for blackberry dan 3 jam untuk facebook. Jika mengatur ke jangka waktu 1 atau 3 jam, tentu HH anda akan bekerja lebih ringan jika dibanding 1 atau 5 menit. Namun akan lebih maksimal, jika Anda tidak ingin menerima notif dati aplikasi ini, anda bisa logout atau keluar dari aplikasi-aplikasi jejaring sosial.

Tutup Aplikasi Music/Video player - seperti dijelaskan di atas, gunakan menu exit dan bukan dengan menekan tombol merah.

Koneksi Jaringan

Matikan koneksi jaringan - Matikan bluetooth, wifi atau GPS jika sudah tidak digunakan. Anda juga bisa mematikan semua jaringan jika anda berada di tempat yang susah mendapat jaringan ataupun sedang diluar jangkauan. Karena jika Blackberry susah mendapat akses jaringan seluler, Blackberry akan bekerja ekstra untuk mencari jaringan secara otomatis. Alternatifnya anda bisa menggunakan akses wifi.

Pengaturan Perangkat

Pengaturan Backlighting - konfigurasikan pengaturan backlight. Semakin rendah pencahayaan dan timeout, maka konsumsi batrai juga berkurang.

Auto ON/OFF - dengan pengaturan ini, Blackberry anda akan hidup dan mati secara otomatis. Pengaturan bisa di atur untuk weekday dan weekend.

Pengaturan profil - Dengan Blackberry yang tidak pernah lepas dari genggaman, rasanya tidak perlu untuk mengatur ringtone dengan keras. Bagi saya, hanya suara beep atau getar saja sudah cukup, walaupun saat-saat tertentu harus di menggunakan profil dengan ringtone keras. Profil "all alert Off" mungkit cocok untuk suasana rapat/belajar dikelas dengan hanya mengaktifkan LED notifikasi.

Memaksimalkan Free Memory Space

Anda dapat dengan mudah memantau file free pada Blackberry. Cara mengetahui file free pada Blackberry:
untuk OS5 kebawah:
1. Pada homescreen, masuk menu option
2. Pilih Status (atau pada homescreen tekan Alt+aA+H)

Untuk OS6:
1. Pada Honescreen, pilih all, kemudian buka option
2. pilih Device
3. Cari informasi status dan perangkat

Pada layar status, tekan tombol BB dan pilih database size untuk melihat ukuran dan jumlah database pada Blackberry anda. Usahakan untuk menginstal aplikasi yang diperlukan saja guna menjaga freememory tetap tinggi. Cara ini lebih efisien daripada menginstal aplikasi optimizer. Jika memory sudah dibawah 5Mb, biasanya akan muncul layar pilihan untuk menghapus aplikasi.

Memori aplikasi mencapai 0kb - Sebagai pengguna blackberry bold 9000 (saya), yang mempunyai memory rendah, sering keluar jam pasir dan memory free sampai 0. Itu artinya data pada Blackberry anda sudah penuh. Namun walaupun sudah mencapai 0 pun masih tetap dapat digunakan. Cabut baterai selama 2 menit dan pasang lagi, File free kembali normal. Agar memori aplikasi tidak mencapai nol, cobalah mereload OS Blackberry dengan Shrink OSnya terlebih dahulu.

Menyimpan data pada Micro SD

Sebaiknya menyimpan data, baik itu foto, musik, video, maupun dokumen lain pada kartu memori. Menyimpan data di memori internal membuat kinerja Blackberry menjadi lebih berat.
Untuk memastikan foto/video yang di ambil akan masuk ke mediacard, lakukan langkah-langkah berikut:
1. Masukkan Micro SD pada Blackberry
2. Masuk aplikasi kamera
3. Tekan menu BB dan pilih option
4. Akan terlihat dimana foto/video disimpan. Anda juga dapat mengedit folder berbeda pada menu ini. Untuk OS6, menu ini telah dihapus. untuk memindah lokasi gambar dapat dilakukan pada media.

Menghapus Bahasa dan Aplikasi

Menghapus fitur dan aplikasi yang kurang dimanfaatkan dapat melegakan memory BlackBerry. Gunakan aplikasi Setup Wizard untuk menghapus bahasa yang tidak digunakan dari smartphone BlackBerry. Menghapus bahasa merupakan salah satu cara yang paling signifikan untuk meningkatkan memori flash yang tersedia.
Untuk menghapus bahasa dapat menggunakan Desktop Manager ataupun saat sedang load OS ke Blackberry. Namun jika anda ingin menghapus bahasa dari Handset Blackberry, tanpa bantuan Desktop manager, coba ikuti langkah berikut:
1. Buka Option
2. Typing and Language
3. Pilih Language
4. Lalu pada input language pilih Remove

Jika ada beberapa bahasa yang tidak digunakan, maka sistem akan memberi pilihan list dari bahasa yang terinstal. Conteng bahasa yang akan di remove dan Klik remove.

Untuk menghapus aplikasi dari smartphone BlackBerry, lakukan langkah-langkah berikut:
Untuk BlackBerry Device Software 5.0
1. Pada menu BlackBerry, buka Options.
2. Pilih Aplikasi. Setelah itu terlihat list aplikasi yang terinstal.
3. Klik aplikasi yang ingin di hapus dan klik delete.
Untuk BlackBerry Device Software 6.0
1. Pertama, tekan All, dan Pilih Options.
2. Pilih Device dan Manajemen Aplikasi.
3. Klik aplikasi yang akan di hapus.

Hapus Data yang Tidak Dibutuhkan Lagi

Hapus MMS yang sudah lama - MMS terkadang berisi file media yang besar dan tidak disimpan pada memorycard namun memori Device. Jika ingin menyimpan MMS, buka pesan MMS dan simpan file media pada kartu memori sebelum dihapus.

Hapus Pesan dan item kalender otomatis - untuk pengaturannya, lakukan langkah-langkah berikut:
Untuk BlackBerry Device Software 5.0 kebawah
1. Pada layar Awal Blackberry, buka Pesan atau aplikasi Kalender.
2. Tekan menu dan pilih Options.
3. Pilih Pilihan Umum.
4. Atur penyimpanan pesan sampai 15 hari atau 30 hari.

Untuk BlackBerry Device Software 6.0 keatas:
1. Tekan All, dan Buka Pesan atau Kalender.
2. Tekan menu dan pilih Options.
3. Tekan Tampilan Pesan.
4. Atur penyimpanan pesan sampai 15 hari atau 30 hari.

Hapus Kontak yang Tidak Diperlukan - Kontak tidak disimpan di memorycard. Alhasil semakin banyak kontak akan semakin memenuhi memory Flash.

Meminimalkan Ukuran Pesan Yang Tersimpan

Konfigurasi pengaturan Email - Dengan tidak menggunakan fitur Email HTML, maka anda dapat meminimalkan jumlah memori yang dimiliki oleh pesan email. 
Untuk pengaturannya, ikuti langkah-langkah berikut:
Untuk BlackBerry OS 5.0
1. Pada layar Awal, Buka Pesan.
2. Tekan menu dan pilih Options.
3. Pilih Pilihan Umum.
4. Pada Auto more, pilih Tidak
Untuk BlackBerry Device Software 6.0 ke atas
1. Pada layar Awal BlackBerry, tekan All dan membuka daftar pesan.
2. Tampilan menu dan pilih Options.
3. Pilih Tampilan Pesan.
4. Hapus tanda centang dari pilihan Auto more.

Namun anda juga dapat menonaktifkan dukungan HTML email pada BlackBerry, lakukan langkah-langkah berikut:
Untuk BlackBerry Device Software 5.0 dan sebelumnya
1. Pada layar Awal ponsel cerdas BlackBerry, Pesan terbuka.
2. Tampilan menu dan pilih Options.
3. Pilih Pengaturan Email.
4. Ubah field Aktifkan Email HTML ke Tidak
Untuk BlackBerry Device Software 6.0 dan yang lebih tinggi
1. Pada layar Awal ponsel cerdas BlackBerry, tekan All dan membuka daftar pesan.
2. Tampilan menu dan pilih Options.
3. Pilih Preferensi Email.
4. Hapus tanda centang dari pilihan Enable Email HTML.

Itulah beberapa tips memaksimalkan kinerja Blackberry dengan melegakan memori aplikasi dan beberapa pengaturan lain. Sebenarnya kalaupun tidak di setting dengan pengaturan di atas, Blackberry juga masih dapat berjalan normal. Namun dengan cara melonggarkan memori, Blackberry akan bekerja dengan efisiensi baterai yang maksimal. Disamping itu juga perlu memperhatikan cara perawatan Baterai blackberry agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

0 komentar:

Poskan Komentar

berkomentarlah dengan sopan jika tidak punya blog/ website silahkan pakai :

name/ URL > lalu isi URL-nya dengan akun yang anda miliki.

terimakasih atas kerja samanya