Minggu, 24 Februari 2013

Kurang Jalan kaki, Otak dapat Mengecil

Berjalan kaki sejauh enam mil atau 9,66 kilometer dalam satu pekan bisa menjadi solusi untuk mencegah penyusutan otak dan melawan demensia. Hal ini disampaikan sejumlah peneliti AS.
Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 300 orang di Pittsburgh, AS, yang mencatat berapa jauh mereka berjalan kaki setiap pekan menunjukkan, mereka yang berjalan setidaknya enam mil atau 9,66 kilometer lebih sedikit mengalami penyusutan otak yang terkait usia daripada orang yang berjalan kurang dari itu.
“Penyusutan ukuran otak pada masa dewasa akhir dapat menyebabkan masalah pada daya ingat. Hasil penelitian kami seharusnya mendorong dirancangnya suatu latihan fisik yang baik bagi orang lanjut usia sebagai sebuah pendekatan yang menjanjikan untuk mencegah demensia dan penyakit alzheimer,” kata Kirk Erickson dari Universitas Pittsburgh, AS, yang penelitiannya muncul di jurnal Neurologi.
Penyakit alzheimer, bentuk paling umum dari demensia, perlahan-lahan membunuh sel-sel otak. Kegiatan seperti berjalan kaki telah terbukti meningkatkan volume otak. Erickson dan rekan-rekannya melakukan penelitian untuk melihat apakah orang yang banyak berjalan kaki memiliki nilai tawar yang lebih baik untuk memerangi penyakit itu.
Mereka melakukan penelitian pada 299 sukarelawan yang bebas penyakit demensia dan mencatat secara rutin seberapa jauh mereka berjalan dalam satu pekan. Sembilan tahun kemudian, para peneliti itu mengambil foto otak dari setiap sukarelawan untuk mengukur volume otak mereka.
Setelah empat tahun lagi, mereka kembali melakukan pengujian untuk melihat, jika ada sukarelawan yang mengalami kerusakan kognitif atau menderita demensia.
Mereka menemukan, orang yang berjalan kaki kira-kira enam sampai sembilan mil atau 9,6 km-14,49 km dalam sepekan memiliki risiko terserang gangguan daya ingat 50 persen lebih rendah dari mereka yang berjalan kaki kurang dari itu dalam sepekan.”Hasil penelitian kami sejalan dengan data yang menyebutkan bahwa kegiatan aerobik menginduksi sejumlah sel-sel kaskada yang dapat meningkatkan volume materi abu-abu,” kata tim peneliti itu.
Mereka mengatakan, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan mengenai dampak latihan pada penderita demensia. Namun, dengan tidak adanya pengobatan efektif bagi alzheimer, berjalan kaki mungkin adalah satu hal yang dapat dilakukan untuk membantu.
“Jika olahraga teratur bagi orang paruh baya dapat meningkatkan kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat dan berpikir di kemudian hari, maka itu cukup menjadi salah satu alasan untuk melakukan olahraga secara teratur pada setiap golongan usia, sebuah upaya peningkatan bagi kesehatan masyarakat,” kata Erickson.
Saat ini tidak ada obat yang dapat menghentikan perkembangan penyakit alzheimer, yang mempengaruhi lebih dari 26 juta orang di dunia.
  Sumber

Jumat, 22 Februari 2013

manfaat memiliki jenggot dan kumis

     Bagi sebagian kalangan memelihara jenggot dan kumis menjadi ciri khas mereka. Ada yang dengan alasan religius ataupun tren penampilan membuat mereka betah menjaga kumis dan jenggot mereka. Tapi jangan salah, ada fungsi positif lho dengan adanya kumis dan jenggot ini.

     Memelihara jenggot dan kumis tampaknya kini sedang menjadi tren di kalangan para pesohor dunia. Antara lain George Clooney dan Ben Affleck yang tampak semakin tampan dengan dagu ditutupi jenggot tebal.

     Meski sebagian besar wanita menyukai wajah pasangannya bersih dan licin, ternyata cukup banyak manfaat memelihara jenggot. Antara lain adalah melindungi kulit wajah dari sinar matahari. 

     Menurut penelitian awal yang dilakukan tim dari Universitas Southern Queensland disebutkan pria yang wajahnya berjenggot dan berkumis memiliki paparan sinar UV sepertiga lebih sedikit dibanding yang wajahnya bersih. 

     Penelitian itu dilakukan di daerah Outback dengan menghitung paparan sinar matahari pada mannequin yang diberi berewok dan tidak sebagai pembanding. Penelitian itu menggunakan teknik dosimetrik yang mengukur jumlah radiasi yang diserap pada waktu tertentu.

     Secara umum diketahui janggut lebat memberikan perlindungan terhadap sinar matahari antara 90-95 persen tergantung kelebatan rambut.

     "Rambut memang memiliki perlindungan yang baik terhadap matahari, ini seperti faktor SPF, makin tebal makin terlindungi," kata Dr.Nick Lowe, ahli dermatologi dari London.

     Lowe mencontohkan, para peselancar yang botak cenderung mengalami kerusakan kulit akibat sinar matahari, bahkan prakanker pada kepalanya. 

     Teori lain menyebutkan janggut yang tebal dan keriting juga memecah radiasi ultraviolet. "Cahaya berjalan di garis lurus, tetapi jika rambut keriting maka gelombang cahaya akan terpecah sehingga lebih sulit mencapai permukaan bawah kulit," kata Sallis, konsultan trichologist.

Mencegah asma

     Sementara itu pria yang berkumis cenderung memiliki risiko asma lebih rendah, terutama yang dipicu oleh serbuk sari. Hal ini karena kumis yang mencapai area hidung akan mencegah alergen masuk ke hidung dan terhirup paru-paru. 

     "Tetapi jika disebabkan oleh debu tentu tak bisa dihadang karena ukurannya mikroskopik," kata Dr.Rob Hick.

     Pendapat lain menyebutkan janggut yang tumbuh di leher dan dagu juga bisa mencegah seseroang terkena flu karena temperatur di sekitar leher lebih hangat. "Makin hangat kita menjaga suhu tubuh dan banyak minum air, makin cepat kita sembuh dari flu," katanya.

     Keuntungan lain dari memelihara jenggot adalah menghindari infeksi kulit yang terjadi akibat kulit terluka saat bercukur.

Jenis-Jenis Ngorok dan Artinya

Mendengkur alias ngorok merupakan salah satu gangguan tidur paling umum. Tidak hanya mengganggu orang lain yang mendengarkan, tetapi juga mengurangi kualitas tidur yang bersangkutan. Dan ternyata, ngorok ada bermacam-macam jenisnya.
Jenis-jenis ngorok bisa dibedakan dari suara maupun penyebabnya. Ada ngorok yang suaranya biasa saja, ada yang menggelegar hingga menembus tembok dan ada juga yang seperti salah satu tokoh di film Star Wars. Masing-masing ada artinya.
Berikut ini jenis-jenis ngorok beserta artinya, seperti dikutip dari Daily Mail:
Gambar Jenis Jenis Ngorok dan Artinya Ngorok Jenis Arti  pigflysleep5
1. Ngorok Babi
Ini adalah jenis ngorok paling klasik, yang bunyinya nyaris tidak menyisakan jeda. Dialami oleh orang-orang dengan lingkar leher di atas 44,5 cm atau saat tidur tengkurap.
Bhik Kotecha dari Royal National Throat, Nose and Ear Hospital mengatakan bahwa penyebab utama dari ngorok jenis ini adalah kegemukan. Kelebihan lemak di sekitar leher menyebabkan penyempitan jalan napas, sehingga bergetar saat dilalui udara. Solusinya tidak lain adalah mengurangi berat badan. Memperbaiki posisi tidur dengan bantal yang tepat juga bisa mengurangi dengkuran.
Gambar Jenis Jenis Ngorok dan Artinya Ngorok Jenis Arti  Heidi Klum 25
2. Ngorok Wasit
Dengkuran yang bunyinya seperti peluit wasit sepakbola atau tukang parkir menunjukkan adalah polip maupun gangguan yang membuat ukuran kedua lubang hidung tidak simetris. Cirinya jika salah satu lubang hidung ditutup, maka lubang yang satunya sulit bernapas dengan lancar. Biasanya, kemampuan mencium bau juga berkurang.
Kalau ngorok atau dengkurannya masih ringan, biasanya masih bisa diatasi dengan mengatur posisi tidur. Tetapi jika sangat mengganggu, maka butuh saran dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.
Gambar Jenis Jenis Ngorok dan Artinya Ngorok Jenis Arti  drunk 130613
3. Ngorok Pemabuk
Ini adalah ngorok yang hanya muncul ketika seseorang mengonsumsi alkohol sebelum tidur. Alkohol disebut-sebut bisa melemahkan otot tertentu termasuk otot pernapasan, sehingga mengendur saat tidur dan berbunyi saat dilalui udara pernapasan.
Kadang-kadang, ngorok jenis ini muncul juga pada seseorang yang tinggal serumah dengan perokok aktif. Asap rokok diketahui bisa mengiritasi tenggorokan sehingga saluran napas mengalami pembengkakan. Karena jadi lebih sempit, maka lebih mudah ngorok.
Gambar Jenis Jenis Ngorok dan Artinya Ngorok Jenis Arti  snoring sleep apnea2
4. Ngorok Gempa Bumi
Bukan hanya gempa bumi saja yang bisa membuat dinding bergetar, suara dengkuran atau ngorok pun kadang diibaratkan mampu ‘menggetarkan’ dinding saking kerasnya. Paling tidak, suaranya bisa menembus dinding sehingga terdengar dari kamar sebelah.
Ngorok jenis ini biasanya disebabkan oleh sleep apnea atau henti napas saat tidur. Dampaknya adalah kualitas tidur berkurang, sehingga seseorang jadi ngantukan di siang hari. Bahkan, banyak yang mengaitkan gangguan ini dengan risiko sakit jantung, stroke dan impotensi. Penyebab paling banyak adalah kegemukan.
Gambar Jenis Jenis Ngorok dan Artinya Ngorok Jenis Arti  star wars darth vader
5. Ngorok Star Wars
Kadang-kadang, suara dengkuran atau ngorok terdengar agak serak mirip seperti suara tokoh Darth Vader di film fiksi ilmiah Star Wars. Penyebabnya adala dagu yang lemah, sehingga posisi rahang menekan jaringan lunak di belakang tenggorokan. Saluran napas menyempit, sehingga bergetar saat dilalui udara pernapasan.
Solusi untuk ngorok jenis ini adalah pemasangan Mandibular Advancement Device untuk mendorong rahang ke depan. Pemasangan alat ini bisa dikonsultasikan ke dokter.
Gambar Jenis Jenis Ngorok dan Artinya Ngorok Jenis Arti  4616796
6. Ngorok Musiman
Jenis ngorok yang satu ini hanya terjadi sesekali dan tidak bisa diprediksi kapan munculnya. Kemungkinan penyebabnya adalah penyumbatan saluran napas karena alergi. Biasanya terjadi pada penghuni rumah yang memiliki hewan peliharaan. Bisa juga dipicu oleh debu dan kotoran karena pemilik rumah jarang bersih-bersih.
Debu, kutu, rumput dan bulu bisa menstimulasi pelepasan senyawa yang disebut histamin, yang memicu produksi mukus (lendir pernapasan) dan penyumbatan. (detik)
 Sumber

Sabtu, 09 Februari 2013

KEREN! Laptop Ini Gunakan Tenaga Surya

Laptop Tenaga Surya
Kabartop.com – Kemajuan teknologi semakin hari semakin berkembang dan semakin canggih, ini terbukti dengan diciptakannya laptop bertenaga surya. Wow!
Mau lihat bentuk laptop bertenaga surya yang pertama di dunia ini? Perusahaan asal Spanyol telah memperlihatkan empat netbook terbaru mereka pada ajang Libre Meeting yang disponsori oleh Free Knowledge Foundation di Madrid. Di antara netbook terbaru tersebut, terdapat dua buah model netbook super ramah lingkungan yang mendukung panel surya dan terbuat dari bahan bio plastik.
Perangkat ramah lingkungan tersebut dijual di kisaran harga 130 sampai 160 euro atau 180 sampai 220 dolar AS, dengan bobot 700 gram, menggunakan sistem operasi Linux dan prosesor berkecepatan 400MHz.
iUnika telah menempatkan memori flash sebesar 64GB sebagai media simpan, RAM sebesar 128MB, WiFi dan 10/100 Ethernet untuk konektivitas. Netbook dengan layar 8 inci ini mampu mendukung resolusi 800×480 pixel. Meski ada versi yang menggunakan panel surya pada casing berLinkbahan bio plastik yang dapat didaur ulang, tampak dari gambar panel tersebut tidak cukup untuk memproduksi daya lebih dari 4 watt.
Dengan konsumsi daya yang sekitar 3-4 watt, kemungkinan besar panel surya tersebut hanya cukup untuk menyimpan data sesaat setelah baterai habis dan melakukan shutdown dengan baik. Akan tetapi, usaha membuat netbook ramah lingkungan tersebut patut diacungi jempol. (Sumber)