Sabar Sedang Mencari...
Senin, 01 Oktober 2012

Rumah Anti Polusi Debu dan Suara


Memilih tinggal di lokasi yang ramai memang harus bersiap dengan kebisingan. Akan tetapi dengan desain yang tepat, kebisingan jalan di sekitar rumah bisa diminimalisir.

Rumah Anti Polusi Debu dan Suara

Hal inilah yang dilakukan oleh sebuah keluarga di Singapura yang membangun Armadillo House. Rumah bergaya minimalis rancangan  Formwerkz Architects ini sengaja didesain untuk menghadirkan suasana damai di tengah keramaian lalu lintas kota.

Rumah Anti Polusi Debu dan Suara

Rumah dua setengah lantai ini terletak di jalan raya yang ramai. Sejak awal membangun rumah ini, si pemilik dan arsitek memang terganggu dengan kebisingan jalan raya di dekat rumah, belum lagi masalah polusi dan privacy.

Membangun tembok besar memang dengan mudah dapat memecahkan masalah tersebut, tetapi rumah akan gelap, karena tidak mendapat sinar matahari. Sang desainer akhirnya menemukan pemecahannya setelah terinspirasi bentuk armadillo—sejenis trenggiling yang memiliki sisik seperti perisai yang bertumpuk-tumpuk.

Bagian fasade rumah terlihat seperti perisai yang menghalangi dinding dari sinar matahari langsung. Bentuk perisai ini ini mampu menghalangi masuknya polusi debu dan suara ke dalam rumah. Selain itu, juga menghadirkan suasana privacy, tanpa harus merasa terkungkung di dalam tembok, karena cahaya alami dari luar rumah tetap bisa masuk.  Untuk menambah kenyamanan, sebuah kipas mekanik mengembuskan udara dari lantai dasar ke lantai atas.

Rumah Anti Polusi Debu dan Suara

Belum lama ini, Armadillo House dianugerahi penghargaan Honorable Mention dalam SIA Design Award ke-12, juga dinominasikan dalam World Architecture Festival 2012 yang dihelat pertama kali di Singapura.
source: rumah.com

4 komentar:

  1. sungguh ide yang sangat menarik dan sangat cocok di terapkan di jakarta

    BalasHapus
  2. keren gan
    terimakasih atas info nya

    BalasHapus
  3. mantap gan info nya
    yang sangat bermanfaat
    saya senang berkunjung ke blog anda

    BalasHapus
  4. mantap gan info nya
    menambah wawasan
    terimakasih atas info nya

    BalasHapus

berkomentarlah dengan sopan jika tidak punya blog/ website silahkan pakai :

name/ URL > lalu isi URL-nya dengan akun yang anda miliki.

terimakasih atas kerja samanya