Sabar Sedang Mencari...
Jumat, 07 September 2012

Tips Mengatasi Kejenuhan


Jika kita tahu cara untuk menghilangkan rasa jenuh maka apapun keadaan kita, kita akan selalu ada dalam keadaan dinamis dan selalu bergairah. Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi kejenuhan :


Berpikirlah tentang sesuatu yang bersifat fun (menghibur).
Ketika kejenuhan datang ke pikiran anda cobalah alihkan dengan memikirkan sesuatu yang menghibur anda misalnya mengingat-ingat kembali saat-saat teman anda mebuat lelucon yang konyol, mengingat kembali saat anda melakukan sesuatu yang paling berkesan buat pasangan anda, dsb. Jangan pernah mengingat masalah yang menyedihkan karena itu akan tambah membuat anda jenuh dan kurang bergairah.

Ciptakan sesuatu yang berbeda di tempat rutinitas anda.
Jika anda adalah seorang pekerja kantor cobalah buat sesuatu yang berbeda di ruang kantor anda misal anda memasang foto keluarga, pemandangan yang anda sukai, atau sebuah aquarium yang berisi ikan-ikan yang anda sukai. Dengan begitu ketika kejenuhan datang ke pikiran anda anda bisa alihkan ke benda-benda itu.

Jangan terlalu bersifat pendiam, hiduplah dalam lingkungan anda.
Ketika anda berada dalam suatu lingkungan tertentu yang di dalamnya berisi orang-orang yang tidak anda kenal, cobalah hidupkan diri anda disana. Ini akan membuat anda merasa fun berada di lingkungan baru. Buatlah sebuah lelucon dan bergaul lah dengan orang-orang sekitar anda. Jangan menjadi seorang pendiam karena itu akan membuat anda jenuh berada disana.

Lakukan gerakan-gerakan kecil, atau pun tindakan yang membuat anda selalu fun.
Salah satu kebiasanku ketika berada di perjalanan adalah dengan menyanyi-nyanyi di jalan bahkan sekeras-kerasnya. Kadang saya menertawakan diri sendiri karena suara yang fals tapi itu cukup membuat diri saya senang berada disana. Walaupun kelihatannya konyol tetapi cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan kejenuhan. Lakukanlah sesuatu yang membuat anda merasa fun seperti menyanyi, bersiul, menyanyi dalam hati, atau mengetuk-ngetukan tangan anda ke meja, dll.

Sesekali Pergilah ke tempat-tempat tertentu untuk sekedar refreshing.
Menurut buku yang saya baca ada rahasia lain di balik kesuksesan para pengusaha teratas dunia yaitu mereka sering berlibur dengan keluarga atau teman. Dengan begitu pikiran akan selalu fun dan membuat dirinya lebih produktif dalam berkarya. Berliburlah sesekali dengan keluarga atau teman-teman anda untuk refreshing.

Buatlah penampilan anda lebih menarik.
Jika dulu anda jarang memperhatikan penampilan anda sekarang cobalah benahi penampilan anda. Gunakan pakaian yang membuat anda merasa percaya diri, gunakan wewangian, dan jagalah kebersihan tubuh anda. Dengan begitu anda akan lebih merasa percaya diri dalam bergaul.

Berpikir positif terhadap apapun yang terjadi.
Tetaplah ambil sisi baiknya ketika anda sedang mengalami sesuatu yang membuat anda marah atau pun kecewa. Anggaplah bahwa itu adalah sebuah pelajaran yang mereka ajarkan untuk anda.  Jika ada seseorang yang memarahi anda anggaplah itu adalah sebuah pelajaran agar anda lebih baik lagi.

Kejenuhan dapat mempengaruhi semangat anda dalam Bekerja, Belajar, dan Berkarya. Jika kejenuhan selalu mengisi hari-hari anda sama saja dengan anda menghiasi hidup dengan kekosongan yang tak berarti. Tetaplah jaga semangat dan gairah anda agar anda menjadi lebih produktif baik dalam bekerja, belajar, maupun berkarya.

Semoga bermanfaat.
 source

0 komentar:

Poskan Komentar

berkomentarlah dengan sopan jika tidak punya blog/ website silahkan pakai :

name/ URL > lalu isi URL-nya dengan akun yang anda miliki.

terimakasih atas kerja samanya