Sabar Sedang Mencari...
Kamis, 29 November 2012

Rahasia Sukses Orang Jepang


rahasia suksesOrang-orang Jepang di kenal dengan kesuksesannya. Baik dari segi teknologi dan ilmu pengetahuannya. Apa rahasia sukses mereka? Apa sajakah sikap-sikap orang Jepang yang bisa kita contoh biar bisa sukses seperti bangsa mereka? Berikut saya kumpulkan rahasia sukses Bangsa Jepang dari berbagai sumber :

Rahasia Sukses Orang Jepang

1. Orang Jepang itu Pekerja Keras
Kerja keras jelas merupakan rahasia sukses dan sudah menjadi rahasia umum bahwa bangsa Jepang adalah pekerja keras. Rata-rata jam kerja pegawainya pun lebih banyak yaitu 2450 jam/tahun, sangat tinggi dibandingkan dengan Amerika (1957 jam/tahun), Inggris (1911 jam/tahun), Jerman (1870 jam/tahun), dan Perancis (1680 jam/tahun).
Seorang pegawai di Jepang bisa menghasilkan sebuah mobil dalam 9 hari, sedangkan pegawai di negara lain memerlukan 47 hari untuk membuat mobil yang bernilai sama. Seorang pekerja Jepang boleh dikatakan bisa melakukan pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh 5-6 orang. Pulang cepat adalah sesuatu yang boleh dikatakan “agak memalukan” di Jepang, dan menandakan bahwa pegawai tersebut termasuk “yang tidak dibutuhkan” oleh perusahaan. Wah, hebat ya? Berarti kalau pemalas tidak diperlukan di Jepang :-)
2. Penuh dengan Inovasi
Ini dia rahasia sukses yang patut kita contoh. Jepang penuh dengan inovasi meskipun bukanlah bangsa penemu. Tetapi, mereka memiliki kelebihan dalam merubah temuan orang dan dengan sedikit inovasi. Mereka juga memiliki kemampuan memasarkan dalam bentuk yang diminati oleh masyarakat. Dalam hal ini kita harus kreatif dan penuh dengan inovasi.
3. Hidup Hemat
Rahasia sukses lainnya adalah hidup hemat. Mereka tidak hidup berlebihan. Tidak hanya dalam satu bidang tetapi dalam berbagai bidang. Sikap anti konsumerisme berlebihan ini nampak dalam berbagai bidang kehidupan. Ini juga patut kita contoh dari Jepang. Namun, hidup hemat ini bukan berarti anda harus berhemat-hemat sehingga takut bersedekah. Bagi saya anda boleh berhemat, tapi soal sedekah anda boleh boros :-)
4. Loyalitas
Rahasia sukses keempat adalah loyalitas membuat sistem karir di sebuah perusahaan berjalan dan tertata dengan rapi. Sedikit berbeda dengan sistem di Amerika dan Eropa, sangat jarang orang Jepang yang berpindah-pindah pekerjaan. Mereka biasanya bertahan di satu atau dua perusahaan sampai pensiun. Ini mungkin implikasi dari Industri di Jepang yang kebanyakan hanya mau menerima fresh graduate, yang kemudian mereka latih dan didik sendiri sesuai dengan bidang perusahaan.
5. Memiliki Sifat Malu
Malu adalah budaya leluhur dan turun temurun bangsa Jepang. Karena malu ini konon orang Jepang lebih senang memilih jalan memutar daripada mengganggu pengemudi di belakangnya dengan memotong jalur di tengah jalan. Mereka malu terhadap lingkungannya apabila mereka melanggar peraturan ataupun norma yang sudah menjadi kesepakatan umum. Dan ternyata rasa malu ini justru bisa memberikan kesuksesan bagi orang Jepang.
6. Pantang Menyerah
Jepang telah terbukti dalam sejarah termasuk bangsa yang tahan banting dan tidak mudah menyerah. Rentetan bencana terjadi di tahun 1945, dimulai dari bom atom di Hiroshima dan Nagasaki , disusul dengan kalah perangnya Jepang, dan ditambahi dengan adanya gempa bumi besar di Tokyo . Ternyata, hal itu tidak menyebabkan Jepang runtuh. Bahkah, dalam beberapa tahun berikutnya Jepang sudah berhasil membangun industri otomotif dan bahkan juga kereta cepat (shinkansen).
Ingatlah, siapapun yang pantang menyerah, pasti akan bisa sukses, InsyaAllah. Rahasia sukses ini patut kita contoh!
7. Membudayakan membaca
Jepang juga dikenal dengan budaya bacanya. Contohnya adalah ketika mereka berada dalam kereta listrik (densha), sebagian besar penumpangnya baik anak-anak maupun dewasa sedang membaca buku atau koran. Tidak peduli duduk atau berdiri, banyak yang memanfaatkan waktu di densha untuk membaca. Tentu, ini juga rahasia sukses yang patut kita contoh.
8. Kerjasama Kelompok
Di Jepang juga dikenal dengan kebiasaan kerja kelompok. Mereka lebih senang mengerjakan pekerjaan berkelompok daripada menyendiri.
9. Jaga Tradisi dan Menghormati Orang Tua
Meskipun merupakan Negara modern. Tetapi, orang Jepang masih menjaga tradisi dan menghormati orang tua. Budaya minta maaf masih menjadi kebiasaan. Kalau suatu hari anda naik sepeda di Jepang dan menabrak pejalan kaki , maka jangan kaget kalau yang kita tabrak malah yang minta maaf duluan.
10. Mandiri
Orang Jepang juga terkenal dengan hidup mandiri. Dengan hidup mandiri kita di latih untuk hidup lebih bertangguang jawab. Banyak anak-anak yang menginjak remaja sudah bisa bekerja part time sepulang sekolah.
 Sumber

2 komentar:

  1. ini harus di lakukan indonesia juga agar sukses selalu (h)
    bondowoso-jawa.blogspot.com

    BalasHapus

berkomentarlah dengan sopan jika tidak punya blog/ website silahkan pakai :

name/ URL > lalu isi URL-nya dengan akun yang anda miliki.

terimakasih atas kerja samanya