Sabar Sedang Mencari...
Rabu, 04 Juli 2012

Tumbuhan Tumbuhan Paling Aneh

05.07


  Tumbuhan di dunia ini umumnya bersahabat. Namun tak sedikit juga tumbuhan yang memiliki tampilan aneh dan berbahaya taua ganas untuk alam sekitar. Berikut serupedia zone merangkumnya dalam 10 Tumbuhan paling Aneh dan Ganas di Dunia.

1. Pohon Dinamit (Hura Brasiliensis)


Julukan lainnya dari tumbuhan inia adalah Pohon Neraka. Ada juga yang menjuluki ini sebagai Pohon Kotak Pasir (sandbox tree).Tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang berasal dari hutan tropis Amazon. Bentuk dari pohon ini adalah batangnya ditutupi duri yang tajam, getah pohon ini ternyata beracun. Karena beracun, penduduk setempat sering menggunakanya untuk mata panah. Selain itu, mereka juga punya buah. Dan buah pohon ini nggak main-main, begitu matang, buah pohon ini akan meledak! Bahkan kekuatan ledakan pohon ini sanggup melukai manusia dan hewan yang tidak sengaja lewat di dekat pohon ini! makanya namanya seperti itu!.

2. Pohon Darah Naga (Dracaena Cinnabari)


Tanaman banyak ditemuai kepulauan Socotra. Pohon ini dikenal dengan nama Pohon Darah Naga atau Pohon Naga Socotra. Bentuknya yang unik, seperti payung, ternyata hanya satu dari uniknya pohon ini. Nama darah naga dari pohon ini ternyata diambil dari getah pohon ini yang berwarna merah. Persis seperti darah naga di Harry Potter, ternyata 'darah naga' dari pohon ini berguna untuk pengobatan. Selain itu, ternyata warna merah 'darah naga' pohon ini juga sering digunakan sebagai pewarna merah alami.

3. Tanaman Menari (Desmodium Gyrans)


Darwin menamai tumbuhan ini sebagai Hedysarum atau para ahli botani menyebutnya Desmodium Gyrans, atau lebih modern lagi Codariocalyx Motorius. Nama yang biasa dikenal adalah Rumput Menari (Dancing Grass) atau Tanaman Semaphore (Semaphore Plant), karena gerakan daunnya, yang mirip dengan gerakan tangan pengirim sinyal semaphore. Tanaman ini gampang skeali tumbuh, hanya butuh matahari dan air saja tanpa perlu pupuk yang rumit.

4. Tanaman Karnivora (Dionaea Muscipula)


Pernah melihat tanaman ini? Tanaman yang satu ini adalah tanaman pemakan daging (karnivora) paling terkenal. Bentuknya seperti mulut dengan gigi yang kecil. Pasangan "Daun" yang menjadi ciri khas tanaman ini adalah perangkap yang memiliki rambut yang ultra sensitif, yang dapat merasakan adanya hewan atau serangga kecil yang datang. Begitu rambut di daun ini tersentuh, maka daun akan menutup dan memerangkap hewan apapun yang mendekatinya.

5. Welwitschia Mirabilis


Tumbuhan ini adalah tumbuhan paling tangguh didunia. Memang tumbuhan yang satu ini tidak terlihat seperti tumbuhan yang lain, tapi tumbuhan asli Namibia ini memang luar biasa. Mengapa luar biasa? Tumbuhan ini hanya memiliki dua buah daun, satu batang dan sistem akar, cuman itu aja! Tapi dua daun ini terus tumbuh sampai akhirnya mirip Alien. Batang tanaman ini makin lama akan makin tebal, tapi tidak meninggi, tinggi maksimum tanaman ini hanya 2 meter saja tapi lebarnya dapat mencapai 8 meter. Umur tanaman ini bisa mencapai 400 sampai 15 abad!. Bisa hidup terus tanpa hujan selama 5 tahun lamanya! Selain itu, tanaman yang dalam bahasa Namibia disebut Onyanga ini ternyata enak untuk dimakan baik dimakan mentah maupun dimasak dalam bara.

6. Pohon Botol (Baobab)


Dan yang terakhir adalah pohon botol atau nama biologinya adalah Baobab. Pohon ini merupakan tumbuhan asli daerah Madagaskar, Afrika dan Australia. Pohon ini disebut pohon botol, karena selain bentuknya yang memang mirip botol, pohon ini ternyata memang dapat meyimpan sampai dengan 300 liter air! Makanya bisa tumbuh sampai 500 tahun!

Dan masih banyak lagi sekiranya tumbuhan yang seperti diuraikan diatas. Semoga bermanfaat.

                             posted: http://limitpost.blogspot.com

16 komentar:

  1. hemm artikel yang masuk di akal dan mudah di mengertikan nya :)

    BalasHapus
  2. Tambah pengetahuan,,menarik lagi postingannya,,
    thanks ya gan

    BalasHapus
  3. kerennn ... makasih udh share nih gan

    BalasHapus
  4. mantap banget info nya
    selalu ditunggu info selanjut nya
    terimakaasih

    BalasHapus
  5. pohon yang ke enam bagus sekali cuma dau nya sedikit

    terimakasih atas info nya

    BalasHapus
  6. nice post
    artikelnya menarik
    thanks sukses terus

    BalasHapus
  7. terimakasih atas info nya sangat bermnanfaat
    dan menambah wawasan

    BalasHapus
  8. keren banget artikel nya gan i tunggu update tan nya

    BalasHapus

berkomentarlah dengan sopan jika tidak punya blog/ website silahkan pakai :

name/ URL > lalu isi URL-nya dengan akun yang anda miliki.

terimakasih atas kerja samanya